<body>

Jul 23, 2007

uneg-uneg si mpokb >>>>

yang tiba-tiba baik hati



Namanya juga zaman modern. Segalanya (harus) serba cepat, (harus) serba instan. Bagi sebagian orang, tidak perlu jadi orang rajin dan pintar untuk meraih gelar S1, S2 bahkan S3. Tidak perlu berusaha keras untuk punya uang banyak, asal kreatif, tahu celah dan taktiknya. Dan yang terakhir, tidak perlu jadi orang kaya untuk punya barang mewah di luar kebutuhan primer. Caranya? Mencicil!

Sekarang, semakin banyak bank yang tiba-tiba jadi baik hati, menawarkan pinjaman uang atau kredit tanpa persyaratan. Eh, baik hati? Bukan hadiah atau sumbangan, kok. Itu jelas-jelas membungakan pinjaman. Pantas saja prosesnya cepat, yang satu ini cuma 7 hari. Kalau pinjam dari teman, kerabat atau tetangga, bisa jadi harus menunggu lama. Belum lagi kalau dikasih petatah-petitih segala, atau jadi omongan orang.

Kata orang-orang yang paham soal ekonomi, uang yang ngendon lama di bank itu nggak sehat. Uang harus diputar. Tahu, kan, istilah "perputaran roda ekonomi"? Maksudnya, kalau di satu sisi ada produksi, di sisi lain harus ada konsumsi. Kalau produksi jalan terus, tapi konsumsi nggak jalan, roda ekonomi bakal mandek. Lama-kelamaan, produsen juga bakal rugi dan bangkrut. Bagaimana caranya supaya konsumen punya kekuatan untuk mengonsumsi? Dengan memberinya modal untuk melakukan kegiatan perekonomian yang produktif sehingga daya belinya naik? Ah, terlalu lama. Ingat, di zaman modern ini, kecepatan adalah kuncinya. Maka, kredit konsumtif menjadi jawabannya. Semakin konsumen bersifat konsumtif, semakin produsen terdorong untuk menjadi produktif. Dan, semakin cepat pula roda ekonomi berputar. Kalau masalah dampak sih, gimana nanti sajalah..



toibah miskad
February 15, 2008   02:16 AM PST
 
saya kerja di arab dan gajih saya abis di pakai saudara saya,saya pengen beli rumah.karena saya belum punya rumah,anak saya 2 sekarang anak saya acak2an,saya tidak punya suami.kalau ada yg minjami uang untuk beli rumah saya mau walaupun berbunga.tank's po.......
Anton
August 27, 2007   12:45 PM PDT
 
utang lagi... cape dech...
kaya kagak, mati kecekik iya..
tapi klo ga pake bunga boleh juga tuch.. he he
bangsari
August 24, 2007   03:33 PM PDT
 
utang kok dijadikan panglima. hehehe
Rudy
August 1, 2007   11:20 PM PDT
 
Ehmm mau alih profesi jadi tukang kredit nih mpok??
maya
July 31, 2007   10:04 AM PDT
 
seorang teman pernah mengatakan pada saya, ada tiga pilihan untuk menyikapi hidup: Hutang, menabung atau diam saja...
saya jelas tidak akan pernah mau hutang... (hutang budi mungkin ya?)
untuk menabung, penghasilan pas-pasan..
ya akhirnya pilihan terakhir itu yang tinggal pada saya, dan teman saya mengatakan saya bukan tipe pengambil resiko,
jadi bagus ndak sih utang itu?
wku
July 30, 2007   05:36 PM PDT
 
ada gak ya pinjaman tanpa bunga, tanpa jangka waktu? kapan kupunya rumah kalo dunia masih gini?
iman brotoseno
July 30, 2007   11:19 AM PDT
 
kenapa promosinya, hanya mengiming iming bisa pinjam sampai 300 % dari gaji ? kenapa nggak ada yang juga menulis bunganya 100 % per bulan..he he
mpokb
July 26, 2007   10:11 AM PDT
 
to bri : uang yg tersimpan di bank nggak tersalurkan ke sektor riil, sementara transaksi jalan terus.. uang makin mahal :(

to mbilung : hehe, usul yg menghasut.. :P

to siwoer : kalo kebutuhan primer lain lah sifatnya.. lgpula, denger2 tunjangan baru dinaikin neh sama bu sri :P

to luthfi : tapi ini bank resmi lho. aye juga bingung..
tito
July 26, 2007   02:50 AM PDT
 
itu namanya mbulet ya mpok, ..liat sini deh..http://www.deviantart.com/deviation/60541366/
siwoer
July 25, 2007   07:15 PM PDT
 
jangan gitu dong pok, hidup gw udah tak gadaiin di bank nih selama 10 tahun, skr baru 2 tahun jalan. masih ada 8 tahun lagi...hiks!

duh gusti, arep angop wae kok keselak utang :P
danu
July 24, 2007   09:41 PM PDT
 
kta emang tanpa agunan tapi bunga tumbuh terusss... utang aja dulu, urusan belakangan, waduh, kta ampir gak ada bedanya sama kartu kredit yak mpok...
Anang
July 24, 2007   09:18 PM PDT
 
pusing juga mikirin utang
Bri
July 24, 2007   07:49 PM PDT
 
gue malah pernah berpikir bahwa ada persengkongkolan besar2an di seluruh dunia untuk mengajak semua orang agar menyelesaikan semua masalah dgn berhutang :) Makanya dikasi gaji kecil, toh perusahaan ngasi ijin kok buat utang. mau beli rumah, mobil, uang sekolah anak, semua nya utang. begitu pensiun, gak punya apa2 lagi. cuman buat bayar utang doang.

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments








Blogdrive